6 Bagian Penting dari Rencana Bisnis Ritel

Rencana bisnis untuk toko ritel dapat berupa dokumen multi-halaman kompleks yang dibuat menggunakan perangkat lunak khusus, atau dapat berupa halaman yang dirobek dari buku catatan. Tujuan dari rencana bisnis Anda akan menentukan berapa banyak informasi yang harus dimasukkan dan format apa yang digunakan. Untuk pembiayaan, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk meyakinkan seseorang untuk mendanai perusahaan Anda jika ada banyak rincian yang diberikan. Jika Anda tidak tahu apa yang masuk ke dalam rencana bisnis yang sukses, berikut adalah elemen penting dari apa yang harus disertakan dan mengapa.

1. Ringkasan bisnis plan

Ringkasan Eksekutif adalah bagian pertama dan paling penting dari keberhasilan rencana bisnis. Ringkasan Eksekutif menawarkan sinopsis rencana bisnis Anda dan menyoroti poin-poin penting yang ingin Anda bahas di sisa dokumen Anda. Komponen rencana bisnis Anda ini sangat penting karena di sinilah Anda harus menarik perhatian pembaca sehingga dia akan terdorong untuk terus membaca.

2. Analisa bisnis

Bagian selanjutnya adalah Analisis Bisnis. Bagian ini menjelaskan sifat bisnis ritel Anda. Ini harus mencakup struktur bisnis Anda, nama resmi, lokasi, dan barang atau jasa yang ditawarkan. Ini juga mencakup analisis pelanggan dan persaingan Anda. Jangan mencoba untuk menjadi kreatif saat menulis bagian ini. Gunakan terminologi umum yang mudah dibaca yang dapat dipahami orang. Anda tidak pernah ingin berasumsi bahwa mereka yang membaca rencana bisnis Anda memiliki tingkat pengetahuan teknis yang sama dengan Anda.

3. Strategi pemasaran

Bagian Strategi Pemasaran harus menjelaskan bagaimana bisnis ritel Anda akan menembus target pasar Anda. Ini adalah area di mana Anda merinci citra dan strategi branding yang diinginkan perusahaan. Anda harus memberikan gambaran umum tentang strategi penetapan harga perusahaan, kemitraan pemasaran saat ini, dan potensial dan memberikan penelitian terdokumentasi untuk mendukung rencana Anda.

4. Produk dan layanan

Bagian dari rencana bisnis ini paling penting bagi pengecer di tengah pengembangan bisnis. Bagian Produk dan Layanan menjelaskan barang dan layanan yang ditawarkan, cara menyediakannya, informasi tentang vendor, dan rencana apa pun untuk pertumbuhan lini produk Anda di masa mendatang.

5. Rencana Pengelolaan

Di bagian Manajemen, informasi yang disertakan harus menunjukkan bahwa bisnis ritel Anda memiliki sumber daya manusia yang diperlukan untuk menjadi sukses. Bagian ini menjawab pertanyaan tentang personel manajemen kunci Anda dan latar belakang mereka, menjelaskan bagaimana toko akan dikelola dan merinci semua kompensasi dan tunjangan personel, termasuk kebijakan dan prosedur ketenagakerjaan.

6. Rencana keuangan

Salah satu bagian yang lebih sulit dari rencana bisnis, Rencana Keuangan, melibatkan model pendapatan dan profitabilitas perusahaan. Bagian dari rencana bisnis Anda ini menilai jumlah modal yang dibutuhkan bisnis ritel. Ini juga membahas usulan penggunaan dana ini serta pendapatan masa depan yang diharapkan. Rencana keuangan mencakup Analisis Break-even, Prakiraan Penjualan, neraca, dan laporan arus kas. Pastikan Anda membagi keuangan secara bulanan untuk tahun pertama dan kemudian setiap tahun untuk dua sampai lima tahun ke depan, Untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi kami di Info Sekilas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *